Genius Umar : Kota Pariaman Nyatakan Kesiapsiagaan Darurat Bencana Covid-19

Kominfo Kota Pariaman —  Dari 20 provinsi di indonesia yang terkena wabah corona virus disease (covid-19), alhamdulillah kita bersyukur di Provinsi Sumatera Barat termasuk Kota Pariaman belum ada satu orang pun yang positif terkena covid-19 ini.

Hal ini disampaikan Walikota Pariaman Genius Umar saat melantik Sekdako Pariaman yang baru Fadli bertempat di depan posko Penanganan Covid-19 BPBD di Halaman Balaikota Pariaman, Senin (23/3).

“ Tapi meskipun demikian kita tidak boleh lengah, kalau terjadi hal terburuk hingga masuknya virus ini kita menyatakan kesiapsiagaan (disaster preparedness) atau darurat bencana dalam menghadapi covid-19 ini “, ungkapnya.

Genius mengatakan sejak pemerintah pusat mengumumkan dua orang Indonesia yang terpapar virus corona ini, Kota Pariaman sudah melakukan langkah-langkah stimulant mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan ke fasilitas-fasilitas umum, anak-anak sekolah diliburkan belajar dirumah (home learning) dan mengumumkan kepada masyarakat untuk mengatur jarak (sosial distance) minimum 1,5 meter serta mengurangi kerumunan karena dalam kerumunan tersebut terjadinya potensi virus tersebut.

“ Kita juga himbau kepada pemerintah desa, kelurahan dan camat untuk mendata semua warga yang datang ke Kota Pariaman dari daerah yang merupakan zona merah covid-19 ini “, imbuhnya.

“ Warga tersebut harus diisolasi secara mandiri dirumahnya masing-masing selama kurang lebih 14 hari hingga dinyatakan aman “, tambahnya lagi.

Selain itu, dalam suasana pelantikan tersebut, wako juga minta kepada Sekdako Pariaman yang baru yang juga menjabat selaku Pj BPBD Kota Pariaman dapat memimpin gerakan penanggulangan bencana dalam rangka percepatan penanganan covid-19 ini agar tidak sampai ke Kota Pariaman.

“ Penanganan covid-19 ini sudah menjadi tugas dan tanggungjawab kita bersama, diminta kesiapsiagaan dari dinas kesehatan, BPBD dan semua stakeholder terkait untuk ikut andil “, tutupnya mengakhiri. (erwin)

Related Posts

Pemko Pariaman Ikuti Vidcon Rakor Terbatas Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Penanggulangan Pandemi Covid-19

Kominfo Kota Pariaman — Pemerintah Kota Pariaman mengikuti Video Confrence tentang Rapat Koordinasi (Rakor) Terbatas PengadaanRead More

Mardison Mahyuddin Apresiasi Kinerja Para Medis Tangani Pandemi Covid-19 di Kota Pariaman

Kominfo Kota Pariaman — Pemerintah Kota Pariaman memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran kesehatan paraRead More

GOW Kota Pariaman Gelar Gebrak Masker, Bagikan 1.000 Masker kain ke Pasar Pariaman

Kominfo Kota Pariaman — GOW (Gabungan Organisasi Wanita) Kota Pariaman Gelar Gebrak Masker, Bagikan 1.000 maskerRead More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *