Desa Sikabu Pariaman Selatan Sigap Tangani Covid-19 dan Cetuskan Bebas Narkoba

Kominfo Kota Pariaman – Usai pencanangan Desa Sikabu di Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman sebagai Kampung Tangguh Nusantara, Selasa (16/6/2020), Walikota Pariaman Genius Umar berikan apresiasi positif kepada Kepala Desa Sikabu, Syamsuhardi beserta perangkatnya.

Apresiasi ini disampaikan Genius Umar, karena Desa Sikabu telah mampu memberikan beberapa langkah strategis dalam upaya penanganan covid-19 sesuai protokoler pemerintah di desanya.

“ Ditambah lagi binaan dari Polres Pariaman, sehingga makin memantapkan protap penanganan dan penanggulan wabah covid-19. Seperti adanya posko  siaga pemantauan perantau yang pulang kampung, gedung isolasi mandiri bagi para perantau yang pulang kampung, tenaga relawan covid desa dan tenaga kesehatan dilengkapi alat pendeteksi suhu,” ujar Genius.

Kepala Desa Sikabu, Syamsuhardi, menuturkan, tim relawan Covid-19 Desa Sikabu yang standby di Posko secara sigap melakukan penanganan dan pencegahan Covid-19.

“ Seperti melakukan penyemprotan disinfektan pada sarana-sarana umum dan rumah penduduk, serta apabila ada warga yang baru datang dari luar daerah segera dilakukan cek kesehatan dan karantina mandiri diruangan yang telah kita sediakan disebelah kantor desa,” ujarnya

Selain itu, didirikannya posko sigap Covid-19 ini untuk antisipasi penyebaran wabah virus corona agar tidak menular di Desa Sikabu dan Kota Pariaman umumnya. Dan juga kegiatan posko setiap harinya melakukan pendataan dan pengecekan warga dari luar kota atau daerah zona Merah.

Pihaknya, selalu menghimbau kepada masyarakat melalui kepala dusun yang ada dan dubalang desa, jika ada keluarga yang baru datang dari luar daerah yang berzona merah agar melakukan karantina selama 14 hari di tempat yang telah kita siapkan.

Namun, tak hanya mengantisipasi wabah corona saja, dari segi keamanan, ketertiban umum, dan ketenteraman masyarakat juga menjadi prioritas utama Desa Sikabu.

“ Jika ada hal-hal yang dicurigai yang mengindikasi terhadap kejahatan, termasuk penggunaan narkoba, kita langsung lakukan koordinasi dengan personil Bhabinkamtibmas Polres Pariaman yang telah ditunjuk membina desa kami untuk dilakukan langkah selanjutnya,” tutur Syamsuhardi.

Sehingga, sambungnya lagi, dengan giat kita lakukan kegiatan dan gerakan tersebut demi keamanan lingkungan, kita buatlah dan cetuskanlah secara bersama-sama dengan masyarakat bahwa Desa Sikabu sebagai Kampung bebas narkoba dengan selalu menjalin kerjasama  dengan semua unsur lapisan masyarakat desa yang meliputi alim ulama, cadiak pandai, niniak mamak dan bundo kanduang.(Fadli)

Related Posts

Pemko Pariaman Ikuti Vidcon Rakor Terbatas Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Penanggulangan Pandemi Covid-19

Kominfo Kota Pariaman — Pemerintah Kota Pariaman mengikuti Video Confrence tentang Rapat Koordinasi (Rakor) Terbatas PengadaanRead More

Mardison Mahyuddin Apresiasi Kinerja Para Medis Tangani Pandemi Covid-19 di Kota Pariaman

Kominfo Kota Pariaman — Pemerintah Kota Pariaman memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran kesehatan paraRead More

GOW Kota Pariaman Gelar Gebrak Masker, Bagikan 1.000 Masker kain ke Pasar Pariaman

Kominfo Kota Pariaman — GOW (Gabungan Organisasi Wanita) Kota Pariaman Gelar Gebrak Masker, Bagikan 1.000 maskerRead More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *