5 Agenda Dibahas Dalam Vidcon Evaluasi Penerapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19

Kominfo Kota Pariaman— Gubernur Sumatera Barat kembali mengadakan Video Conference (Vidcon) tentang “Evaluasi Penerapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 Antara Gubernur Dengan Bupati/Walikota se-Provinsi Sumatera Barat”, Senin (15/6).

Vidcon dilaksanakan di ruang rapat Walikota Pariaman, yang dimulai pada pukul 13.30 wib sampai dengan selesai, dan langsung di hadiri oleh Walikota Pariaman Genius Umar, Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, Asisten I, Asisten II, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Perindagkop, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.

Dalam vidcon tersebut, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membicarakan 5 Agenda yang akan di sampaikan kepada seluruh Bupati/Walikota se-Sumatera Barat. 5 Agenda tersebut yaitu tentang, Evaluasi Sepekan Pelaksanaan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNB PAC), Penanganan Covid-19 Di Era TNB PAC, Pemulihan Ekonomi, Persiapan Menghadapi Tahun Ajaran Baru Pendidikan, dan Persiapan Pilkada 2020.

Mengenai Evaluasi Sepekan Pelaksanaan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNB PAC) Gubernur sebutkan, dalam evaluasi pertama terkait dengan new normal itu adalah, berapa pertumbuhan positif covid-19 pada saat diterapkannya kehidupan new normal.

Untuk itu kita perlu betul-betul menyiapkan system kesehatan kalau terjadi gelombang baru, dan alhamdulillah sebagai data terakhir sampai tanggal 14 Juni 2020 perkembangan positif covid-19 di Sumatera Barat kita dibawah 1%. Itulah kondisi kita saat ini dari kajian epidemologi yang jadi patokan dasar kita untuk mengevaluasi tatanan baru yang aman covid-19 ini.

Untuk Agenda kedua Penanganan covid-19 ini kita tetap harus melakukan testing, tracking, isolasi, dan treathmen. Jadi untuk Bupati/Walikota di kondisi new normal seperti ini tetap mengerjakan semua itu . Testing tetap dimaksimalkan dan dimasifkan , tetapi testing yang dilakukan sekarang tidak hanya untuk tracking tidak hanya untuk PDP yang masuk rumah sakit dan tidak hanya untuk ODP dan OTG , tapi dalam contek new normal ini  kita pastikan semua yang terlibat dalam pelayanan  publik itu mereka bebas covid.

Kemudian untuk agenda ketiga tentang Pemulihan Ekonomi. Untuk pemulihan ekonomi bisa kita sebut dengan pemanasan, dan pemanasan ini perlu dukungan baik dari Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota  supaya ekonomi daerah ini betul-betul bergerak seperti ekomoni semula. Jadi point ketiga ini Gubernur meminta untuk ditindak lanjuti oleh Bupati dan Walikota.

Setelah itu  untuk agenda ke empat tentang persiapan tahun ajaran baru pendidikan. Menurut Gubernur untuk tahun ajaran baru sesuai dengan edaran yang diberikan oleh Kemendikbud, bahwa untuk aktivitas belajar mengajar tetap diberlakukan mulai tanggal 13 Juli 2020 dengan mematahu semua protokol covid-19 yang sudah ditetapkan untuk sekolah-sekolah, dan keputusan ini akan final dan diketahui lagi pada vidcon terakhir yang akan diadakan di awal bulan Juli 2020.

Dan agenda yang kelima adalah tentang persiapan Pilkada tahun 2020. Dalam hal menindak lanjuti tentang pelaksanaan Pilkada 2020 Ketua KPU Sumatera Barat Amnasmen menyampaikan , bahwa sesuai dengan Surat Keputusan KPU RI Nomor 258/PL.02-Kpt/01/VI/2020 yang ditetapkan hari ini Senin 15 Juni 2020 bahwa tahapan Pilkada dimulai kembali dengan mematuhi protokol covid-19.

Dalam surat keputusan itu disebutkan bahwa tahapan Pilkada dilanjutkan dengan pelantikan dan masa kerja panitia pemungutan suara, verifikasi syarat dukungan pasangan calon perseorangan, pembentukan dan masa kerja petugas pemutahkiran data pemilih, serta pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih. (Desi)

Related Posts

Pemko Pariaman Ikuti Vidcon Rakor Terbatas Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Penanggulangan Pandemi Covid-19

Kominfo Kota Pariaman — Pemerintah Kota Pariaman mengikuti Video Confrence tentang Rapat Koordinasi (Rakor) Terbatas PengadaanRead More

Mardison Mahyuddin Apresiasi Kinerja Para Medis Tangani Pandemi Covid-19 di Kota Pariaman

Kominfo Kota Pariaman — Pemerintah Kota Pariaman memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran kesehatan paraRead More

GOW Kota Pariaman Gelar Gebrak Masker, Bagikan 1.000 Masker kain ke Pasar Pariaman

Kominfo Kota Pariaman — GOW (Gabungan Organisasi Wanita) Kota Pariaman Gelar Gebrak Masker, Bagikan 1.000 maskerRead More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *